Peluang dan Prospek Bisnis Makanan Olahan Beku

Peluang usaha makanan olahan beku di saat ini mungkin memang bisa diangkat menjadi salah satu ide peluang bisnis yang berpotensi besar dan menjanjikan, pasalnya dewasa ini banyaknya aneka produk makanan beku tersebut memang mulai banyak diburu dan disukai oleh beberapa kalangan karena sifatnya yang cepat saji. Banyaknya tingkat kesibukan dari beberapa kalangan masyarakat terhadap kegiatan yang selalu mereka jalankan di keseharian memang membuat mereka terbatas dalam melakukan aktivitas lainnya, maka dari inilah tentunya tidak heran bila hingga sekarang ini mereka pun akan mencari beberapa hal yang serba cepat mulai dari layanan jasa sampai produk kuliner yang akan mereka konsumsi sehari-hari.

Dengan begitu maka mereka pun tak perlu repot memasak di sela-sela menjalankan aktivitas lainnya karena tingginya aktivitas utama masyarakat, jadi tak heran apabila dewasa ini menjadi sangat banyak orang yang memerlukan dan lebih menyukai segala sesuatu hal yang sifatnya cepat. Khususnya dalam bidang makanan, sebab seperti yang telah kita lihat bersama bahwa untuk bisa memakan makanan maka kita pun harus bisa memasaknya terlebih dahulu, dan untuk orang-orang yang memiliki aktivitas yang dapat dikatakan padat maka pasti mereka pun tak akan mempunyai waktu untuk memasak makanan.

Peluang Bisnis Kuliner Prospektif

Pasti kita semua juga telah mengerti bahwa jika sudah berbincang di ranah makanan maka masing-masing orang pun akan selalu memerlukannya tanpa terkecuali, dan memang jalan alternatif yang bisa dikerjakan untuk tidak memasaknya ialah dengan membelinya di warung makan atau terdapat juga alternatif yang lain yakni makanan beku yang cukup dihangatkan saja untuk dapat dinikmati. Maka dari fakta di atas sebenarnya makanan beku sendiri dapat menjadi suatu kesempatan usaha yang profitable, sehingga tidak heran bila ide peluang bisnis makanan olahan beku disebut menjadi salah satu peluang usaha yang tepat untuk dipasarkan di daerah perkotaan.

Apabila menginginkan produk makanan beku maka sebetulnya pada sekarang ini telah ada lumayan banyak dan bahkan sangat banyak macam-macam dari frozen food, mungkin kita bersama juga sudah tak asing jika melihat produk frozen food yakni nugget, kentang, sosis, baso, hingga produk aneka daging lainnya yang memang telah banyak ditemukan di supermarket. Dan jika tahu potensi penjualan dari produk makanan beku jenis tersebut mungkin memang dapat diprediksi akan mempunyai tingkat persaingan yang lebih tinggi pada sekarang ini, maka dari itulah apabila Anda menginginkan bisnis dalam bidang makanan beku ini hendaknya menciptakan varian produk kuliner lainnya yang terhitung belum banyak di minimarket sehingga akan terasa unik saat di nilai oleh masyarakat.

Baca juga  Usaha Dus Kemasan
Ciptakan Usaha Makanan Beku Yang Unik

Tahukah Anda bahwa saat ini yang dijadikan produk frozen food bukan hanya makanan untuk lauk pauk saja, namun aneka kue pun pada saat ini sudah tersedia dalam bentuk frozen food, dan hal ini pasti akan membuat peluang usaha yang unik sebab cukup banyak orang belum tahu. Beberapa contohnya seperti donat, bakpau, risol, roti goreng, bahkan hingga aneka cemilan pasar yaitu kue cucur pun saat ini telah ada dalam bentuk makanan beku, dan pastinya masih banyak juga varian atau ragam kue lainnya yang mungkin memang akan condong menjadi produk makanan sebagai makanan ringan.

Namun memang untuk bisa memulai di sektor usaha frozen food investasi modal awal yang dibutuhkan cukup banyak, walaupun produk makanan beku ini bisa dijangkau harganya, tetapi fasilitas yang dibutuhkan untuk menyimpan aneka makanan beku ini tidaklah murah karena harus memiliki lemari pendingin.

Kalau Anda ingin bertanya lebih lanjut tentang peluang bisnis ini silahkan menghubungi kami di nomor yang ada di website, customer service kami akan senang hati membantu dan memberikan solusi. PT Ramesia Mesin juga menjual mesin untuk keperluan usaha makanan beku harga jual yang terjangkau.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-makanan-olahan-beku/

Cara Memulai Bisnis Es Batu Kristal yang Mudah

Hampir tak ada yang tidak tahu dengan es batu. Membuat minuman dingin dengan memakai es batu adalah salah satu cara gampang untuk. Sehingga kemungkinan besar hampir kita semua sempat mengonsumsinya.

Pada dasarmya es batu hanya air yang mengalami pendinginan hingga di bawah nol derajat celicus, hingga air kemudian menjadi beku dan berubah menjadi es. Es batu bisa ada secara alami maupun buatan. Meskipun namanya es batu, tetapi es batu tak ada hubungannya dengan batu.

Seringkali es kering disandingkan dengan es batu. Di bahasa inggris juga kedua es tersebut cuma dibedakan dengan kata “dry”, di mana satu disebut ice, satunya lagi disebut dry ice. Memang kedua es itu memiliki kesamaan tujuan yaitu mendinginkan, tetapi zat dan cara pembentukannya berbeda. Es batu dibuat dengan air biasa atau H2O yang dibekukan. Di sisi lain dry ice atau es kering adalah CO2 atau karbondioksida yang dijadikan berbentuk padat.

Sekarang, dengan adanya teknologi freezer, pembuatan es batu di waktu sekarang ini sangat gampang. Tugas Kita tinggal cuma menaruh air bersih di freezer & menunggunya beku. Tekonologi freezer pun sekarang bermacam-macam, mulai dari freezer yang berukuran kecil untuk keperluan individu, hingga yang berukuran besar untuk kebutuhan pelaku usaha.

Kebutuhan Pribadi dan Pasar akan Bisnis Es Batu
Sekarang ini es batu telah nyaris menjadi keperluan primer. Baik itu berupa kebutuhan bagi individu maupun pasar. Bagi individu, es batu diperlukan dengan tujuan membuat minuman atau mendinginkan makanan. Di sisi lain bagi industri atau pasar, es batu dipakai bertujuan membuat produk atau mengawetkan produk. Misalkan seperti es batu menjadi pendingin untuk minuman es sampai dijadikan bahan pengawet untuk ikan-ikan yang dikirim dalam box kontainer.

Peluang Bisnis Es Batu
Mungkin tak banyak yang tahu, bahwa sebenarnya lumayan banyak kebutuhan es batu di pasaran. Memang, bila cuma melihat bisnis “jual es batu” rumahan yang biasanya terdapat di rumah-rumah atau pinggir jalan, tak terlihat bila bisnis tersebut lumayan menghasilkan. Akan tetapi yang harus kita perlu untuk ketahui adalah bisnis es batu tak hanya terdapat di “jual es batu” pinggiran atau rumahan itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Tips dan Cara Membuat Kopi Arabika yang Enak
Di rumah makan atau restoran misalnya kita ambil contoh. Restoran memerlukan es batu untuk mendinginkan makanan atau minuman. Selain itu rumah makan juga memakai es batu untuk mendinginkan bahan makanan seperti Ikan. Yang mana tujuan ikan itu didinginkan sebelum dimasak adalah agar ikan tetap segar.

Selain rumah makan kita bisa mengambil contoh di usaha perikanan. Sebagaimana yang kita tahu bahwa Ikan harus lah tetap segar hingga terjual kepada konsumen supaya terjaga kualitasnya. Seringkali ini menjadi kendala karena waktu proses pengiriman, kesegaran ikan hilang atau berkurang karena suhu. Maka Ikan harus dipelihara agar tetap dingin, segar, dan lembap selama proses pengiriman. Salah satu cara untuk melakukan penjagaan itu adalah dengan mengirimnya dalam box atau wadah tertutup yang memiliki suhu dingin. Dan salah satu untuk mendinginkan suhu di box atau wadah tersebut adalah dengan memberinya es batu.

Sehingga keperluan pasar terhadap es batu tak bisa dibilang kecil. Maka mesti ada yang memenuhi kebutuhan sekaligus peluang bisnis es batu ini.

Ruth Harso, pemilik Ice Cube Crystal bisa memproduksi kira-kira 10 ton es batu kristal setiap harinya. Es tersebut ia beri harga seharga 1400/kg es batu kristal. Dari penjualan dengan harga tersebut ia bisa mendapat profit sampai lima puluh persen.

Ahmad Zalu Wibowo bertinggal di Cijantung, Jakarta juga menjalani bisnis es batu kristal. Beliau menghasilkan 4 ton es batu kristal per hari. Es batu itu dia jual dengan harga 1200 per kilogramnya. Dari penjualan tersebut dia meraup profit hingga 20%.

Ahmad menyampaikan bahwa pengguna es batu kristal tidak hanya terbatas di restoran dan rumah makan saja. Orderan es batu dapat datang dari pagelaran event-event, misalnya seperti Java Jazz. Acara-acara seperti Java Jazz bisa membutuhkan es batu sampai 10 ton per hari.
Di dua contoh kesuskesan bisnis es batu di atas yang kami kutip dari peluangusaha.kontan.co.id, dapat kita simpulkan bahwasannya bisnis es batu memiliki potensi profit yang tidak kecil.

Baca juga  Cara Menggiling Daging Frozen yang Baik dan Benar
Kebutuhan dalam Menjalankan Bisnis Es Batu
Tempat
Modal yang pertama harus kita adakan adalah modal tempat. Memang barang es batu ini tak terlalu begitu, tetapi bila kita telah bermain di level “ton-ton-an” pasti harus mempunyai tempat yang besarnya memadai. Bahkan selain tempat yang mencukupi, kita juga membutuhkan tempat yang terjaga suhunya dan bersih. Tentu kalau tempat kotor akan menimbulkan risiko kotornya es batu. Dan tentu kalau tempatnya tidak tahan panas akan menjadikan es tidak awet.

Di tempat itu kita akan melaksanakan proses pembuatan es batu dengan bantuan mesin dan alat yang kita telah miliki. Di samping itu, kita juga memerlukan tempat itu sebagai penyimpanan sementara sampai es batu dikirimkan ke pengguna.

Alat Pembuat Es Batu
Untuk menghasilkan es batu dengan skala besar tentu kita memerlukan alat pembuat es batu atau freezer khusus.

Kita ambil contoh Ahmad di atas. Dia mengeluarkan 200 juta untuk memperoleh 3 unit mesin pembuat es dengan pemasangannya. Sedangkan bangunan seluas 200 meter persegi sudah ia punyai sebelumnya. Mesin yang ia peroleh dari Jepang itu bisa menghasilkan dua ratus kg es kristal dalam waktu 4 jam.

Sedangkan mesin penghasil es batu yang lebih ekonomis dapat didapatkan di ramesia mesin.

Pengiriman
Kita juga harus menyiapkan semua yang dibutuhkan untuk pengiriman, seperti misalkan packing dan kendaraan. Yang harus diperhatikan dari packaging tersebut adalah kemampuan untuk memelihara suhu dingin dan kehigienisannya. Sedangkan yang patut dilihat dari kendaraan adalah bahwa kendaraan itu patut bisa membawa dan menampung es sampai kuantitas ton.

Comments

Popular Posts