Resep Membuat Roti Bakar Enak dan Layak Jual

Mengenal Roti Bakar dari Berbagai Negara
Bukan hanya masyarakat Indonesia saja yang menggemari roti bakar sebagai teman minum teh. Masyarakat dari berbagai negara pun menyukainya, bahkan mereka menjadikan roti bakar sebagai salah satu menu sarapan pagi.

Mari kita intip roti bakar dari berbagai negara yang memiliki tekstur, rasa, dan cara pengolahan yang berbeda dari roti bakar di Indonesia.

Golden Bread
Roti bakar yang satu ini berasal dari Kanada. Nama golden bread diambil dari warna roti yang dipanggang hingga berwarna keemasan. Cara membuat roti ini adalah dengan cara merendam roti tawar dalam custard kayu manis yang kemudian dipanggang dengan mentega dan disajikan dengan sirup maple yang juga berwarna kuning berkilau.

Honey Toast
Roti bakar yang satu ini biasa dijadikan sebagai makanan pencuci mulut di beberapa restoran bergaya Asia Timur seperti Taiwan, Jepang, dan Korea. Roti bakar ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada roti bakar pada umumnya.

Pada bagian atasnya terdapat berbagai macam topping yang menggugah selera seperti whipped cream,marshmallow, es krim, dan aneka buah-buahan segar yang kemudian disiram dengan madu.

Pain Perdu
Roti bakar yang satu ini berasal dari Perancis. Pain Perdu dalam bahasa Perancis memiliki arti roti yang hilang. Hal ini mungkin karena roti bakar ini terbuat dari roti yang hampir basi.

Roti ini akan dipotong dengan ukuran cukup besar kemudian direndam dengan vanilla custard. Setelah itu, roti dipanggang di atas wajan dengan menggunakan mentega. Setelah matang, roti bakar ini disajikan dengan krim kocok, gula bubuk, atau buah berry.

Dulce de Leche Toast
Roti bakar dari Argentina ini super manis karena olesannya terbuat dari susu dan gula ambrosia yang dimasak sampai lembut dan membentuk karamel. Ketika digigit, Anda akan merasakan sesasi karamel yang lumer di mulut.

Hong Kong Style
Seperti namanya, roti bakar ini berasal dari negeri Cina. Roti bakar ini sangat unik karena sebelum dibakar, roti direndam dalam kocokan telur terlebih dahulu. Setelah itu, roti dipanggang dengan menggunakan mentega tawar dan disajikan dengan siraman susu kental manis atau golden syrup.

Kaya Toast
Roti bakar yang satu ini berasal dari Singapura dan Malaysia. Roti yang manis dan gurih ini terdiri dari dua tangkup roti dan berisi selai susu kelapa kental manis dengan lapisan mentega. Cara memakan Kaya toast adalah dengan cara dicelupkan ke dalam susu terlebih dahulu.

Roti Bakar Singapura

Inspirasi dari Kedai Roti Bakar Terkenal di Jakarta
Jika Anda berpikir bahwa bisnis roti bakar tidak dapat memberikan keuntungan yang besar, maka lihatlah beberapa kedai roti bakar yang terkenal di Jakarta. Bisa saja dari membaca informasi mengenai kedai-kedai roti bakar berikut ini, Anda kemudian terinspirasi untuk membuka bisnis roti bakar.

Roti Bakar Eddy
Jika Anda tinggal di ibukota, tentu kedai roti bakar yang satu ini tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, apalagi kalau bukan Roti Bakar Eddy yang bertempat di daerah Blok M.

Sumber : https://ramesia.com/roti-bakar/

Cara Mudah dan Cepat Membuat Bungkus Crepes

Kue Crepes ialah salah satu jenis jajanan yang sangat diminati banyak orang. bentuk kuenya yang tipis dan renyah serta memiliki beragam varian isi dan toping membuatnya diminati oleh semua orang.

Kue Crepes ini merupakan jajanan yang asalnya dari Eropa namun telah tersebar ke seluruh negara di dunia. Bila dilihat dari segi bahasa, nama crepes bermakna meringkuk, yang diambil dari bahasa Perancis, crispa. Jika dilihat selintas, bentuk crepes ini memang seperti meringkuk karena ketika disajikan, adonan kue crepes ini sudah dilipat-lipat terlebih dahulu.

Jenis Kue Crepes

Dari awal kemunculannya hingga sekarang, kue crepes dapat dibagi menjadi 2 jenis yang berbeda. Jenis yang pertama adalah crepes manis. Seperti namanya, kue ini menggunakan pelengkap bahan-bahan yang memiliki rasa manis.

Adapun bahan tambahan yang biasa digunakan untuk crepes manis antara lain seperti sirup, gula, selai, pisang, coklat, potongan buah, es krim, dan masih banyak lagi. Lantaran rasanya manis, kue crepes manis sangat digemari oleh anak-anak.

Sedangkan untuk macam crepes kedua adalah crepes gurih/asin atau biasa disebut crepe salee. Sesuai namanya, kue satu ini memiliki rasa yang lebih asin atau gurih. Rasa gurihnya berasal dari bahan-bahan seperti keju, jamur, bayam, telur dan masih banyak lagi.

Kue Cepres manis biasanya dihidangkan sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut (dessert), sedangkan untuk crepes asin sebagai sajian hidangan pembuka. Crepes manis sendiri seringnya dibuat dengan bahan utama tepung gandum, sedangkan crepes asin dibuat dengan tepung buckwheat.

Sebagai salah satu kudapan yang sangat populer dan disukai oleh orang dewasa maupun anak-anak, wajar jika kita dapat menjumpai penjual crepes di berbagai sudut kota. Akan tetapi, Anda tidak perlu membeli kue crepes ini kalau hanya untuk bisa menikmati renyahnya crepes.
Anda bisa membuatnya sendiri di dapur Anda dengan mengikuti tutorial cara membuat kue crepes yang kami sajikan berikut ini. Bahan-bahan yang diperlukan amat mudah diperoleh dan alat-alat yang dipergunakan juga pastinya sudah tersedia di dapur Anda.

Baca juga  Cara Membuat Steak Tahu yang Lezat dan Penuh Gizi
Bahan-bahan Pembuatan Kue Crepes
100 gr tepung terigu berprotein sedang
150 mili liter susu cair. Anda bisa mempergunakan susu sapi cair atau dapat juga menggunakan susu bubuk yang telah dicairkan, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan-bahan yang ada di dapur Anda.
1 butir telur.
Margarin secukupnya (kira-kira 1 sendok makan saja). Margarin yang ada dilelehkan dahulu kemudian disisihkan.
½ sendok teh baking powder.

Bahan Isi Crepes
Bahan yang dipergunakan dalam resep kue crepes dapat Anda sesuaikan dengan kesukaan Anda misalnya buah pisang yang telah dipotong kecil-kecil, choco chip, meses, susu, selai coklat, keju atau bahan-bahan lain yang bisa digunakan untuk toping secara terpisah atau dicampurkan untuk memperoleh rasa yang lebih nikmat.

Cara Membuat Kue Crepes
Kocok susu dan telur yang ada dengan memakai whisk hingga tercampur rata dan terlihat berbusa. Pastikan untuk mengocok sampai adonannya terlihat berbusa untuk membuat adonan crepes tetap kenyal.
Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Ada baiknya Anda memasukkan tepung terigu sembari diayak supaya tepungnya jatuh secara rata dan membuat proses pengadonan menjadi mudah. Aduk terus sampai rata.
Tuangkan baking powder ke dalam adonan tadi lalu aduk lagi sampai rata.
Tuangkan mentega yang sudah dicairkan sebelumnya, aduk lagi sampai merata.
Persiapkan wajan yang akan dipergunakan untuk membuat kue crepes. Anda dapat menggunakan wajan untuk membuat terang bulan atau wajan teflon yang telah ada. Sebelumnya panaskan wajan tersebut terlebih dahulu.
Setelah wajannya panas, angkat dulu dari perapian, lalu masukkan 1 sendok sayur adonan crepes, putar wajan sampai adonannya rata dan cukup tipis.

Comments

Popular Posts