Peluang Usaha Es Tebu Cup

Siapa Pelanggan Es Tebu?
Minuman es tanaman tebu tentu adalah salah satu usaha yang memberikan dengan penghasilan yang cukup besar jika diambil kesempatan ini. Ramai sekali pelaku usaha sari tebu ini yang sukses di masyarakat, baik pengusaha minuman tebu warung stand sampai swalayan besar dan kedai es tebu. Pasar untuk sasaram konsumen es tebu ini memang sangat banyak. Baik anak-anak sampai usia tua banyak yang menggemari minuman sari tebu sebagai kriteria tipe minuman menyegarkan yang baik diberikan untuk tubuh.

Prospek bisnis minuman tebu sangat menguntungkan yang tidak boleh Anda lewatkan kesempatan untuk mendapatkan income bagus dalam bisnis es tebu. Dapat Anda gambarkan bila Anda menjalani langsung dalam usaha minuman tebu tentu Anda dapat berjualan, contohnya memakai mobil bak dengan pemasaran es tebu sebanyak 250 gelas perhari dengan kisaran price minuman tebu mulai Rp. 4.000 hingga Rp. 9.000. Pasti bila dijumlah dengan pendapatan profit kotor perbulannya akan mencapai puluhan juta rupiah dengan keuntungan yang sangat fantastis.

Baca juga  Analisis Peluang Bisnis Keripik Bawang di Indonesia
Memulai Usaha Es Tebu
Ketika menekuni bisnis sari tebu, maka Anda harus melakukan berbagai rencana yang dipetakan dalam mengelola bisnis ini mulai dari persiapan bahan baku sampai plan akhir marketingnya.

Dalam memilih bahan baku tebu juga sebenarnya simpel dan effisien. Tidak hanya bahan baku, Anda pun harus mendapatkan tempat yang cocok untuk membuka usaha sari tebu. Pemilihan lapak sangatlah urgen untuk mencari customer, bila lapak sangat strategis tentu pelanggan akan gampang untuk didapatkan, namun bila tempat sepi dan tidak pas, pasti konsumen Anda akan hilang.

Memilih Lokasi
Menentukan tempat dalam berdagang es tebu ini bisa dikelola pada tempat yang tidak sepi contohnya sekolah, pasar, terminal, sepanjang jalan, stasiun, stadion, kota, mall dan lainnya. Penentuan lokasi tentu memiliki efek yang tinggi untuk keberhasilan usaha minuman tebu. Misalnya saja Anda ingin menjalani bisnis es tebu modal kecil dengan berdagang di depan swalayan. Untuk membuka usaha minuman es tebu tentu tidak harus memiliki karyawan karena proses pekerjaanya sangat mudah dan dapat dikerjakan sendiri.

Dalam mengelola bisnis sari tebu tentu Anda membutuhkan gerobak yang digunakan untuk tempat berdagang. Tidak hanya untuk tempat marketing Anda pun harus mempunyai inovasi tersendiri ketika memberikan negosiasi terhadap produk minuman tebu Anda. Tetap perhatikan kualitas supaya rasa minuman tebu tidak turun dan mempunyai rasa alami yang sama.

Usahakan untuk memiliki brand tertentu supaya es tebu mudah diingat para konsumen dengan kemasan yang inovatif dan enak dilihat.

Dampak yang ditanggung juga wajib Anda ketahui ketika menekuni usaha minuman sari tebu. Resiko berdagang es tebu ini dapat berlangsung baik dari pesaing yang tinggi maupun pengaruh masa hujan. Untuk menanggulangi tantangan resiko ini, agar tidak menimbulkan banyak kerugian disarankan jangan membuat es tebu terlebih dahulu saat musim hujan. Bisa dipastikan bila telah terlanjur dibuat namun tidak laku karena waktu diluaran sedang hujan, pastinya es tebu akan mubadzir dan gampang basi.

Penggunaan Mesin Bisnis Es Tebu
Bisnis es tebu ini memerlukan mesin penggiling tebu. Dengan memakai penggiling tebu tentu langkah pemerasan tebu dalam produksi minuman sari tebu akan mudah dengan proses penggilingan yang effisien dan simpel. Alat penggiling tebu ini tersedia dengan banyak opsi dari harga terjangkau dengan penggilingan kemampuan manual sampai tarif tinggi dengan penggilingan lewat tenaga listrik yang gampang, effesien dan efektif.

Baca juga  Tips dan Cara Membuat Gulali dari Madu
Mesin pemeras tebu ini terdapat banyak varian dan kapasitasnya yang dapat dicocokkan dengan penunjang kebutuhan bisnis minuman sari tebu Anda.

Dalam pengoperasian alat pemeras es tebu tentu menjadi standar dalam penentuan keberhasilan bisnis Anda. Dapat dipastikan jika tanpa menggunakan mesin tentu tahap pembuatan sari tebu akan lebih sulit dan kurang efisien. Anda bisa dengan mudah mendapatkan mesin pemeras sari tebu ini dengan mengunjungi PT. Ramesia Mesin Indonesia.


Sumber : https://ramesia.com/peluang-usaha-es-tebu-cup/

Usaha Jus Kulit Manggis


Usaha jus kulit manggis saat ini lagi digemari. Anda bisa membuka usaha rumahan dengan menjual jus buah segar dengan modal yang tidak begitu banyak. Anda akan dapat memperoleh laba pada bisnis rumahan ini dengan keuntungan selisih harga berkisar antara 15% hingga 30%. Bagi Anda yang pusing mencari ide bisnis sampingan ataupun usaha rumahan, ide bisnis menjual minuman jus buah bisa menjadi pilihan bagi Anda, terutama untuk ibu-ibu rumah tangga.

Untuk memulai usaha jus buah segar, sebaiknya Anda harus lebih cermat dalam memprediksi kompetitor yang berada di sekitar tempat tinggal Anda. Karena bisnis jus buah ini sedang trend, jadi banyak yang sudah mengerjakan peluang usaha jus kulit manggis ini. Lakukanlah riset bagaimana para kompetitor yang semisal melakukan usaha jus ini, dimulai dari harga jus buah segar, cara mengemasi dan pelayanannya. Anda dapat membuka usaha jus buah segar ini dengan lebih kreatif, yaitu dengan menyajikan macam-macam resep jus buah dan kemasan yang menarik. Supaya lebih menarik dari yang lain, Anda dapat membuat merk sendiri yang dapat Anda tempelkan pada kemasan jus yang digunakan untuk jualan. Hal ini untuk menggaet pelanggan Anda agar memiliki kesan bagus sehingga bisa diterima oleh pembeli.

Perkiraan Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Usaha Jus Buah Segar

Modal yang perlu disediakan untuk membuka usaha jus buah segar dapat dikatakan tidak terlalu banyak. Sebagian peralatan yang dibutuhkan pun juga tidak begitu rumit. Peralatan yang harus disediakan mencakup mesin blender, pisau buah, cup plastik, tempat air atau toples, dispenser, wadah sampah dan sedotan plastik.

Analisa modal untuk memulai bisnis jus buah
1. Lemari Pendingin Rp. 500.000
2. Juicer Rp. 300.000
3. Kebutuhan lain-lain Rp. 300.000
4. Etalase/gerobak Rp. 1.500.000

Total Rp. 2.600.000

Biaya operasional untuk jangka waktu satu bulan yang harus disiapkan

1. Sedotan Plastik 500 biji @ 100 Rp. 50.000
2. Cup 500 biji @ 500 Rp. 250.000
3. Jenis-jenis Buah 10 kg @ 50.000 Rp. 500.000
4. Es Batu Rp. 100.000
5. Gula, Coklat dan Susu Rp. 500.000
6. Biaya Sewa Listrik Rp. 150.000
7. Karyawan satu orang Rp. 750.000
8. Sewa Lapak Rp. 500.000
Total Rp. 2.800.000
Total Estimasi biaya yang di dibutuhkan dalam 1 bulan ialah Rp. 2.600.000 + Rp. 2.800.000 = Rp. 5.400.000

Baca juga  Cara Membuat Steak Abuba yang Lezat dengan Biaya Terjangkau
Begitu juga kurang lebih pengeluaran untuk usaha jus kulit manggis.

Dalam mengawalinya, Anda wajib mempunyai target penjualan. Tentukan berapa banyak gelas jus buah segar yang dapat Anda jual. Kita perkirakan target pemasaran jus buah segar per harinya adalah 30 gelas.

Cara menghitungnya yaitu sebagai berikut:
Apabila dalam satu hari Anda sukses menjajakan 30 gelas jus dengan harga jual Rp. 7.000 per gelas. Maka omzet per hari adalah 30 x Rp. 7000 = Rp. 210.000
Selanjutnya jika dalam jangka waktu satu bulan penuh, maka total omzet adalah Rp. 210.000 x 30 = Rp. 6.300.000
Jika modal dan pengeluaran awal untuk satu bulan Rp. 5.400.000 dan hasil penjualan Anda dalam 30 hari tercapai Rp. 6.300.000, maka profit bersih Anda berjumlah Rp. 900.000.

Pada bulan awal Anda masih bisa memperoleh laba yang tidak terlalu banyak, karena pada awal bulan Anda membuka bisnis jus buah segar ini harus berinvestasi untuk keperluan gerobak, alat blender dan lainnya.

Selanjutnya pada bulan-bulan setelahnya apabila Anda mampu melakukan sales yang sama per hari memperoleh omzet Rp. 210.000, maka jumlah keuntungan pada bulan kedua dan berikutnya ialah Rp. 3.500.000.

Perhitungannya ialah biaya peralatan tidak kita masukan dan omzet dikurangi cost operasional setiap bulannya. Dengan hasil yang diatas gaji UMR, maka usaha jus buah segar ini mempunyai prospek yang baik. Bagi ibu-ibu rumah tangga dapat membuka usaha sampingan ini di halaman rumah atau menyewa lokasi yang ramai pengunjung seperti di depan halaman supermarket yang pada saat ini banyak tersebar di daerah-daerah.

Bagian penting lainya yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha jus kulit manggis ialah kulit manggis yang kelamaan disimpan akan jadi membusuk dan tidak dapat dipakai untuk dijus, jadi harus ditaruh di dalam freezer untuk menjaga kesegarannya. Penjualan kemungkinan juga akan terasa berkurang ketika musim hujan datang.

Comments

Popular Posts