Membuka Usaha Camilan Keripik

Indonesia adalah negara yang kaya akan sejarah, budaya, cerita, dan makanannya.

Apalagi untuk urusan makanan, wiih sudah tidak ditanyakan lagi, bisa dibilang Indonesia itu surganya semua jenis makanan.

Apalagi kalau seandainya dilihat dari sisi kandungannya yang cukup bergizi dan memiliki karbohidrat yang tinggi, yaa walaupun agak berkalori juga sii.

Tapi jangan salah sangka dulu ya, keripik juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita loh.

Disamping itu, bahan dasar dari pembuatan kripik, umumnya juga menggunakan bahan-bahan dari hewan, buah-buahan, maupun umbi-umbian.

Salah satu contoh kripik yang paling banyak digemari oleh mayarakat adalah, kripik apel.

Di luar dari itu, buah apel sendiri memiliki bermacam-macam khasiat yang baik untuk tubuh.

Diantaranya adalah, dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain memiliki beraneka macam manfaat yang banyak, buah apel juga memiliki rasa yang cukup enak, apalagi kalau dijadikan keripik.

Terlebih keripik apel memang memiliki cita rasa dan tingkat kerenyahan yang sangat disukai oleh banyak orang.

Proses pembuatannya pun juga terbilang sangat mudah dan sederhana, sehingga banyak orang yang tertarik dengan salah satu jenis camilan ini.

Untuk langakh marketing-nya pun juga nggak terlalu sulit, jenis camilan yang satu ini bisa dipasarkan hampir ke seluruh golongan, contohnya kepada para pedagang perantara, toko–toko kecil, tempat makan, pasar, serta swalayan.

Nah, sejalan dengan naiknya permintaan para pembeli untuk jenis dan variasi dari keripik apel.

Baca juga  Peluang Usaha Dengan Profit Tinggi Dari Bisnis Mie Lidi-lidian
Untuk itu, pasar telah membuat variasi terbaru dari keripik apel agar dapat memenuhi permintaan para pembelinya.

Contoh varian baru yang dilakukan oleh pasar diantaranya adalah, membuat keripik apel dengan berbagai rasa, mulai dari yang keju, asin, manis, dan yang lain sebagainya.

Seiring dengan inovasi baru yang ada, trend keripik ini masih jarang diketahui oleh masyarakat, namun penggemar dari jenis keripik ini sudah sangat banyak jumlahnya.

Banyak sudah para pedagang yang beralih mengubah jenis dagangan keripiknya dengan jenis keripik-keripik yang berbeda, dan dibuat dengan brand-nya masing-masing.

Apalagi camilan ini menjadi salah satu cemilan yang tak pernah lupa untuk dinikmati saat santai, berkumpul, berekreasi, dan yang lainnya.

Selain itu, peluang usaha keripik apel ini juga masih sangat menggiurkan, dan manawarkan keuntungan yang tak sedikit jumlahnya.

Bahkan, sudah banyak para usahawan keripik apel yang berhasil dan memiliki omset ratusan juta setiap bulannya.

Apalagi, untuk memulai bisnis keripik apel ini tidak terlalu sulit seperti apa yang Anda takutkan, malah bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan.

Nah, untuk Anda yang memiliki keinginan untuk terjun langsung dalam usaha keripik apel sebagai bisnis yang akan Anda jalankan.

Di bawah ini kami telah berikan beberapa poin penting yang harus Anda ketahui atau persiapkan sebelum memulai bisnis tersebut:

1. Yang pertama, kenali terlebih dulu jenis apel yang mempunyai kualitas.

Supaya dapat mengetahui jenis kualitas apel yang bagus ini, Anda harus menjalin langsung kerjasama dengan para petani apel.

Dengan cara kerjasama ini, tentunya Anda akan memahami jenis apel yang bagus, atau bahkan Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan yang ada di pasaran.

2. Kemudian, persiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk mempermudah prosedur pembuatan keripik apel .

Contohnya seperti mesin pengemas,mesin labelling, plastik kemasan, alat-alat untuk memasak dan yang lainnya.

3. Selanjutnya, tingkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda tentang bagaimaa cara mengolah keripik apel dengan benar dan tepat.

Cobalah semaksimal mungkin supaya dapat membuat keripik apel dengan hasil yang renyah dengan cita rasa yang nikmat.

Baca juga  Potensi Bisnis Mie Raffi Ahmad
Untuk keunikannya, sebisa mungkin ciptakan rasa keripik apel Anda memiliki ciri khas special yang tidak dimiliki oleh produsen keripik apel yang lainnya.

4. Tak cuma itu saja, dengan mesin kemasan yang berkualitas, tentunya akan menjadikan kemasan Anda menjadi unik dan menarik untuk dipakai pada produk keripik apel yang Anda buat.

Nah, untuk mendapatkan mesin kemasan yang murah dan berkualitas, sudah bisa dipastikan Ramesia tempatnya.

Ramesiamesin adalah penyedia segala jenis mesin untuk makanan, terbesar di Indonesia.

Selain cita rasanya yang enak dan lezat, kemasan produk tentu juga mempunyai daya tarik tersediri untuk para pembelinya.

Sumber : https://ramesia.com/membuka-usaha-camilan-keripik/
https://ramesia.com/

Peluang Membuka Bisnis Mie Ongklok


Pengertian Bisnis
Hal pertama akan kita bahas ialah pengertian bisnis. Definisi bisnis yaitu kegiatan penjualan barang atau pelayanan yang dikerjakan oleh perorangan, kelompok orang atau perusahaan kepada masyarakat dengan tujuan paling utama adalah mendapatkan laba. Dan sebenarnya, setiap orang yang mengerjakan bisnis apapun adalah memang bertujuan untuk meraup profit yang besar.

Definisi Potensi Bisnis dan Peluang Bisnis
Potensi ialah kemampuan yang bisa didapat berdasarkan kemampuan internal kita dalam melakukan usaha yang apik. Potensi patut kita pahami untuk menunjang apa yang hendak kita lakukan dari sebuah bisnis. Potensi ialah kemampuan internal dari pebisnis tersebut. Kemampuan yang pertama yaitu jiwa sang pebisnis, sudah mempunyai jiwa seorang pebisnis atau belum. Jiwa pebisnis harus berani mengambil resiko dan bahaya, termasuk resiko bangkrut dan rugi. Yang kedua adalah tentang modal. Kita tidak dapat memungkiri semakin besar modal yang dimiliki oleh seseorang maka semakin besar pula peluang untuk menjalankan sebuah bisnis. Namun, modal bukan hal yang utama karena hal yang lebih utama adalah keinginan untuk berkomitmen dan belajar konsisten dalam menjalankan bisnis.

Sedangkan mengenai peluang bisnis, selain mengandalkan potensi bisnis kita juga harus tahu tentang peluang bisnis tersebut dan menganalisanya dengan baik dan teliti. Pengertian dari peluang bisnis baru bisa diketahui setelah kita menganalisa dengan menyeluruh tentang bisnis tersebut. Peluang bisnis juga kebanyakan datang ketika seseorang memiliki niat untuk mengawali suatu bisnis meskipun dengan modal terbatas.

Nah, setelah mengetahui definisi bisnis, potensi dan peluang bisnis, maka sudah saatnya untuk membahas ide bisnis yang mempunyai prospek cerah. Sebenarnya ada banyak ide bisnis yang mempunyai masa depan cerah bila dilakukan di Indonesia, apalagi bisnis kuliner.

Bila kita melihat pasar di Indonesia, tentu ada banyak sekali peluang usaha makanan yang bisa dilakukan oleh calon pebisnis yang menyukai usaha kuliner. Masyarakat Indonesia sangat terkenal konsumtif dibandingkan negara lain, termasuk dalam hal makanan. Dan Indonesia terkenal dengan jenis makanannya yang beraneka macam dari berbagai daerah, mulai dari makanan utama hingga makanan ringan. Harganya pun beragam mulai dari yang murah, hingga yang mahal.

Baca juga  Panduan Cara Membuat Roti Waffle di Rumah
Bila tertarik mencoba bisnis di bidang makanan Indonesia, maka salah satu bisnis kuliner yang perlu anda coba ialah bisnis mie.

Kebanyakan penduduk Indonesia pasti sudah familiar dengan makanan satu ini. Kuliner ini mempunyai rasa yang sangat nikmat dan mudah ditemui dimana saja. Makanan ini memiliki sangat banyak penikmat, baik laki-laki, perempuan, anak kecil, remaja, dewasa, sampai orang tua.

Mengapa Bisnis Ongklok?
Indonesia merupakan negara pengkonsumsi mie tertinggi nomor dua di dunia setelah Tiongkok. Bahkan saat ini mie sudah menjadi bahan makanan utama kedua setelah nasi. Banyak sekali olahan makanan berbahan dasar mie yang dijadikan sebagai ladang berbisnis, salah satunya adalah mie ongklok.

Kesempatan bisnis mie ongklok sangatlah bagus dan memberikan banyak keuntungan serta pasarnya pun luas. Bisnis mie ongklok adalah bisnis yang tidak akan pernah mati karena penggemar makanan ini sangatlah banyak dan tersebar dimana-mana. Biarpun telah banyak orang yang menjual mie ongklok, tetapi penggemar mie ongklok tidak akan pernah berkurang bahkan semakin berkembang.

Usaha mie ongklok ini mempunyai kemungkinan yang bagus untuk jangka waktu lama, bahkan bisnis mie ongklok ini telah melahirkan banyak pebisnis sukses.

Dengan semua kelebihan bisnis mie ongklok, maka tidak heran bila banyak pelaku bisnis baru yang berminat untuk memulai bisnis mie ongklok ini. Tetapi sebelum memulai usaha ini, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan.

Beberapa Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Usaha Mie ongklok

Modal Usaha
Kekurangan modal usaha merupakan masalah yang sering mucul saat akan memulai sebuah usaha. Ada banyak cara untuk menutupi kekurangan modal awal usaha, seperti dengan mencari partner yang bisa diajak kerja sama, mencari pinjaman ke koperasi atau bank melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Tempat Usaha
Pilihlah lokasi usaha yang banyak pengunjungnya atau tempat yang dilalui banyak orang. Ketika memilih tempat bisnis juga harus untuk memperhitungkan dana yang nantinya dikeluarkan. Sejumlah tempat usaha kuliner yang strategis misalnya di sekitar sekolah atau kampus, wilayah perkantoran, pasar, mal, perumahan dan lokasi wisata.

Menu Andalan
Sebelum memulai usaha, ada baiknya melakukan peninjauan daftar menu yang beredar di pasaran terlebih dulu. Lalu, pilih menu-menu yang paling favorit. Tetapi bila mau mengurangi jumlah kompetisi, pilih menu yang istimewa dan belum banyak dijual. Namun pilihan menu tersebut mesti disesuaikan dengan target pasar.

Target Pemasaran
Salah satu hal keberhasilan menjalankan bisnis makanan adalah menyesuaikan jenis bisnis dengan target pasar. Walaupun produk ditawarkan dengan harga murah meriah, tapi tidak sesuai dengan keinginan konsumen maka ini bisa jadi masalah.

Sikap dan Perilaku Terhadap Konsumen
Sangat penting untuk menjaga sikap maupun perilaku saat berhadapan pembeli, semakin anda ramah dan sopan maka akan semakin banyak pula pembeli yang berniat menjadi pelanggan. Coba bayangkan apakah ada orang yang mau berbelanja kepada pedagang yang tidak sopan dan pelit?

Comments

Popular Posts