Tips Sukses Menggarap Bisnis Snack Curah di Bandung

Snack adalah ragam makanan yang tak termasuk dalam daftar makanan utama yang dikonsumsi saat makan pagi, makan siang, dan makan malam. Snack juga bisa disebut dengan istilah makanan ringan, camilan, dan kudapan.
Bisnis Snack
Bisnis snack adalah salah satu jenis usaha yang amat berpotensi. Bagaimana tidak? Hampir semua orang berminat dengan santapan ini. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa, baik untuk kudapan sehari-hari maupun untuk acara-acara tertentu.

Selain itu, poin lain yang menjadikan bisnis snack ini semakin menggiurkan yakni karena usaha snack merupakan jenis bisnis kuliner yang dijuluki sebagai bisnis yang tak pernah mati. Mengapa demikian? Jelas saja hal tersebut dikarenakan masyarakat akan selalu memerlukannya.

Walaupun telah banyak perusahaan-perusahaan yang juga ikut serta bermain dalam usaha snack, usaha snack tetap masih berpeluang dilakukan dalam kondisi seadanya. Misalnya seperti memulai bisnis snack rumahan yang tak begitu membutuhkan modal yang banyak.

Tetapi sebelum memulai usaha snack ini, tentu Anda harus memutuskan terlebih dahulu snack jenis apa yang akan Anda jual dalam bisnis snack Anda. Dalam masalah ini Anda tak perlu bingung, karena tipe makanan yang dapat dijual dalam usaha snack ini sangat bervariasi.

Jika Anda berminat menjalankan usaha snack box atau bisnis snack kemasan, mungkin Anda bisa menjual makanan ringan curah serta snack kiloan seperti keripik kentang, keripik singkong, dan camilan “kriuk” sejenisnya. Tak hanya itu, Anda pun bisa menjual makanan basah seperti kue tradisional dan juga roti-rotian untuk dijadikan sebagai bisnis snack Anda.

Baca juga  Peluang Usaha Es Krim Durian
Cara dan Tips Sukses Memulai Bisnis Snack Curah di Bandung
Setelah Anda memilih makanan yang akan Anda jual dalam bisnis snack Anda, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu bagaimana teknik yang paling sesuai di kala akan menjalankan bisnis snack. Berikut ini merupakan pembahasan lengkapnya.

1. Tentukan Tempat yang Tepat
Tempat atau lokasi bisnis yang akan Anda pilih untuk memulai usaha snack Anda jelas akan sangat menentukan keberhasilan usaha Anda. Biarpun tak 100 % menjadi penentu kesuksesan, tapi lokasi usaha memang termasuk salah satu kunci kesuksesan dalam usaha yang Anda jalankan.

Lokasi yang Anda jadikan sebagai tempat untuk memulai bisnis snack Anda mesti berada di lokasi yang mudah ditemukan dan strategis. Kenapa begitu? Hal tersebut disebabkan tempat yang strategis akan sangat mudah ditemukan oleh calon konsumen Anda.

2. Bekerjasama dengan Supplier Snack yang Tepat.
Selain lokasi yang mudah ditemukan, Anda juga harus bisa memilih pemasok atau supplier snack yang benar serta dapat dipercaya. Tidak semua supllier snack itu dapat dipercaya. Hal tersebut dikarenakan banyak pula supplier snack yang tidak jujur, misalnya seperti menawarkan snack yang telah tak layak untuk dikonsumsi.

Hal tadi tentu akan sangat merugikan kita dan pembeli. Karena adanya masalah yang tidak diharapkan seperti itu, pembeli kemungkinan akan sangat kecewa dan kemudian takkan melakukan repeat order.

3. Menentukan Harga Jual Produk Anda
Anda perlu bisa memberikan harga snack yang Anda jual dengan sesuai. Jangan sampai Anda menjual snack dengan harga yang terlalu tinggi atau terlalu murah jika dibandingkan dengan pesaing Anda. Anda perlu menentukan harga jual snack dengan tepat serta tidak berbeda jauh dengan harga di sekitar Anda.

4. Menggunakan Strategi Pemasaran
Salah satu faktor yang paling menunjang kemajuan serta keberhasilan dalam usaha yakni pemasarannya. Jika Anda buruk dalam memasarkan snack yang Anda jual, maka bisnis snack Anda kemungkinan kurang laku. Sebaliknya, jika dalam memasarkan produk baik, tentu snack Anda akan lebih mengalirkan keuntungan.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-snack-curah-bandung/
https://ramesia.com/

Usaha Sate Lontong 

Usaha sate lontong  seringkali dijual beserta sup atau gulai daging hewan yang dihasilkan dengan membubuhkan campuran tulang dengan kikil daging hewan. Daging hewan yang sering diambil untuk membakar sate biasanya bagian paha karena bagian ini lebih empuk sehingga lebih nikmat.

Pengolahan daging sate perlu sedikit demi sedikit biar daging sate tidak kenyal dan tidak menyisakan bau khas yang tajam. Sedini mungkin sebelum sate dibakar, daging hewan sebaiknya dibungkus menggunakan daun segar pepaya agar tidak alot. Daging hewan yang masih muda juga lebih lunak daripada dengan daging hewan yang sudah tua. Kira-kira batas umur daging hewan muda yang sesuai untuk membuat usaha sate  lontong  yaitu 3 hingga lima bulan.

Penjual sate tusuk bisa berjualan di pinggir jalan ramai di dekat pasar ataupun wilayah sekitar kampus. Biasanya, antar penjual sate tusuk mempunyai aturan bahwa untuk wilayah tertentu hanya terdapat 1 penjual sate saja. Maka, Anda perlu memperhatikan area sekitar lokasi sebelum menentukan berjualan di suatu tempat agar tidak saling merugikan.

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk memulai usaha sate  lontong semacam gerobak, tenda, meja kayu, kursi, panggangan sate, pisau kecil, serta kipas listrik. Sarana dan prasarana sarapan seperti halnya piring, mangkuk, gelas kaca, sendok makan dan garpu makan.

Sedangkan terkait tenda bisa juga dibuat berdiameter kecil atau sedang sesuai ukuran warung serta situasi bajirnya pembeli. Meja makan dari kayu dapat dibuat minimal satu hingga paling tidak ada 2 meja dengan kursi minimal 6 sampai 10 buah.

Pemilik bisnis bisa menyelesaikan masalah sendiri atau menyuruh sejumlah karyawan. Bawahan bisa bertugas memenuhi pesanan pembeli atau membakar sate. Bawahan sebaiknya dilatih terlebih dahulu cara kerja membakar sate yang tepat supaya mengetahui tahap kematangan daging secara tepat.

Baca juga  Keuntungan dari Bisnis Usaha Kebab
Promosi bisa memanfaatkan baliho bertuliskan jenis bisnis yang diletakkan sekitar tenda atau gerobak Anda. Baliho dapat ditambah foto sate panggang yang menarik perhatian sehingga dapat mengundang pembeli. Pemasaran selanjutnya dapat dilakukan dengan membuat brosur, terutama ketika melayani delivery order, melayani orderan sate tusuk hajat pernikahan maupun perayaan ultah.

Kelemahan usaha sate  lontong  antara lain banyaknya penjual makanan serupa. Kualitas dan harga yang ditawarkan oleh pedagang beraneka ragam sehingga pedagang sate kecil harus bisa membaca celah agar bisa bersaing.

Di bawah ini merupakan beberapa tips ampuh menjalankan usaha sate  lontong yang dapat Anda praktikkan:

Mempertahankan kualitas dan citarasa dengan cara antara lain bumbu gurih serta daging yang empuk. Daging sate yang tidak alot secara tidak langsung mampu memperluas ekspansi sasaran target konsumen bisnis Anda, lantaran mulai dari anak-anak sampai orang dewasa dapat mengkonsumsinya dengan gampang.
Tempat jualan yang ramai tidak bisa dipastikan berpotensi sebagai tempat usaha sate lontong. Target konsumen kuliner sate bisa disejajarkan dengan menengah ke atas. Penyebabnya yaitu harga satu porsi sate dianggap cukup tinggi bagi sebagian pembeli. Lokasi tak jauh dari perkantoran, perumahan, central oleh-oleh merupakan sebagian contoh kecil strategis lokasi buat usaha sate lontong.
Menjalin kesepakatan kerjasama dengan penyetok daging. Di waktu-waktu tertentu seperti Peringatan Hari Besar Islam, harga daging-daging hewan mengalami kenaikan lantaran banyaknya permintaan dari masyarakat. Mengadakan kesepakatan dengan supplier atau peternak daging hewan mampu mengurangi resiko seperti kekurangan stok daging sate juga melonjaknya harga yang tak bisa dikontrol.

Comments

Popular Posts