Membuat Masker Bengkoang Alami

Manfaat Bengkoang
Orang Indonesia sudah akrab dengan tanaman bernama latin Pachyrhizus Erosus ini. Bengkoang umumnya dimakan langsung tanpa dimasak terlebih dahulu. Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan lobak Meksiko ini banyak ditanam di Asia, Amerika Tengah, Karibia, dan beberapa bagian Amerika Selatan.

Meningkatkan Fungsi Otak
Kandungan vitamin B6 atau piridoksin pada bengkoang diyakini berkhasiat untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan fungsi otak lainnya. Vitamin B6 juga berperan penting dalam mengubah asam protein menjadi asam amino, yang digunakan untuk membantu memperbaiki proses metabolisme dan kerja organ tubuh, termasuk otak.

Menjaga Kesehatan Tulang
Salah satu kandungan nutrisi pada bengkoang adalah mineral, seperti kalsium, magnesium, zat tembaga, dan zat besi. Mineral pada bengkoang bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang tubuh, menyembuhkan cedera, dan merangsang pertumbuhan tulang baru pada tulang yang sudah rusak.

Baik untuk Penderita Diabetes
Bengkoang mengandung kadar glukosa yang rendah, sehingga baik untuk diet bagi penderita diabetes. Zat oligofruktosa inulin di dalam bengkoang merupakan sejenis karbohidrat yang sulit dicerna tubuh, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh secara tiba-tiba.
Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C di dalam 100 gram bengkoang mampu mencukupi 40% kebutuhan harian tubuh. Vitamin C sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang bakteri, virus, ataupun jamur penyebab penyakit.

Bengkoang juga mengandung zat antioksidan yang mampu menangkal efek buruk dari radikal bebas. Radikal bebas berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, seperti kerusakan otak dan kanker.

Mencerahkan Kulit
Ini merupakan manfaat bengkoang yang paling banyak diketahui. Orang Indonesia sendiri sudah sejak lama menggunakan bengkoang sebagai bahan untuk merawat kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi pada bengkoang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit.

Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu produksi kolagen agar kulit tetap sehat, menghilangkan tanda-tanda penuaan, membantu mencegah kulit kering, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

Mengatasi Masalah Pencernaan
Bengkoang kaya akan serat yang salah satu manfaatnya adalah membantu memperbaiki proses pencernaan tubuh. Mengonsumsi bengkoang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, perut kembung, dan gangguan pencernaan lainnya.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-masker-bengkoang/

 Membuat Pakan Ayam yang Murah


Golongan Pakan Ayam
Pakan adalah asupan makanan yang diberikan kepada hewan ternak sebagai sumber energi dan materi bagi pertumbuhannya. Pakan ayam menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kesuksesan usaha ternak ayam. Untuk menghasilkan ternak yang baik, pakan harus mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan, yaitu protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin.

Bahan pakan ayam terdiri dari bahan kering dan air yang diberikan sesuai dengan jenis, usia, dan kebutuhan ayam. Tidak seluruh jenis ayam bisa diberi jenis pakan yang sama, beda jenis ayam beda pula pakannya. Misalnya. komposisi nutrisi pada pakan ayam pedaging tidak sama dengan ayam petelur, kebutuhan nutrisi ayam kampung lebih rendah daripada ayam negeri, dan sebagainya.

Jenis Pakan Ayam
poultryshop.id
Berdasarkan bahan pembuatnya, pakan ternak unggas, termasuk ayam, dapat dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu:

Bahan nabati, contohnya adalah biji-bijian (jagung, kacang-kacangan), beras, dedak, bekatul, dan sebagainya.
Bahan hewani, misalnya keong, bekicot, tepung ikan, tepung kerang, dan tepung tulang.
Bahan yang dibuat dari limbah industri udang.
Jenis-Jenis Pakan Ayam
Saat ini, tersedia berbagai macam jenis pakan ayam siap pakai yang dijual di pasaran, mulai dari yang harganya murah hingga yang mahal. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

Dengan membeli pakan ayam yang sudah jadi, Anda memang bisa menghemat waktu. Namun, jika jumlah ayam cukup banyak, biaya yang harus dikeluarkan tentu tidak sedikit. Saat terjadi kenaikan harga pakan sementara harga ayam tetap, muncul masalah karena Anda akan mengalami kerugian. Inilah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh peternak.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa meracik sendiri pakan ayam dari bahan-bahan alami. Selain menghemat biaya, pakan yang dihasilkan juga aman, sehat, dan bernutrisi tinggi. Namun sebelum membuatnya, Anda harus tahu lebih dahulu pakan seperti apa yang akan dibuat, agar pakan yang dibuat tepat sasaran dan bisa memaksimalkan hasil produksi.

Baca juga  Cara Menggiling Daging Ayam untuk Membuat Bakso Sendiri
Secara umum, komposisi utama pada pakan ayam yang harus dipenuhi adalah kandungan proteinnya. Protein akan sangat memengaruhi produktivitas ayam dan bobot ayam. Anda bisa menggunakan beberapa alternatif bahan alami berikut untuk dijadikan sebagai bahan utama pakan ayam yang akan Anda buat.

Dedak Padi
Dedak padi atau disebut juga bekatul merupakan limbah dari proses pengolahan padi menjadi beras. Dedak merupakan jenis pakan yang paling dikenal dan paling sering diberikan karena mengandung sumber energi dan asam amino yang tinggi. Namun, karena mengandung 11% – 12% persen serat kasar yang sulit dicerna, pemberian dedak pada ayam muda harus dibatasi.

Anda bisa menilai kualitas dedak dari kepadatannya, yaitu dengan cara menggenggamnya sambil ditekan kuat. Jika saat genggaman dilepas dedak tetap menempel pekat satu sama lain, berarti kualitas dedak tersebut bagus. Sebaliknya, jika setelah genggaman dilepas dedak langsung terurai kembali, hal itu menunjukkan dedak mengandung banyak sekam. Kualitasnya kurang bagus bahkan rendah.

Dari teksturnya, ada dedak yang halus dan ada pula yang kasar, tergantung kandungan unsur sekamnya. Pilihlah dedak yang halus karena kandungan vitamin B dan proteinnya lebih tinggi dan serat kasarnya rendah. Dedak juga mengandung banyak lemak, sehingga akan menggumpal dan berbau tengik jika disimpan terlalu lama.

Comments

Popular Posts